• Mata Kuliah

    Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu memahami konsep dasar informasi dan teknologi informasi. Memiliki wawasan tentang pebedaan pembelajaran konvensional dan nan-konvensional, mampu melakukan proses pengumpulan, pengolahan, pertukaran, dan pemanfaatan informasi dalam konteks pendidikan, termasuk pemahaman world wide web melalui internet untuk kepentingan pembelajaran.

    Silabus

    TUJUAN

    Setelah mengikuti proses perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu :

    • Memahami konsep dasar informasi dan teknologi informasi

    • Memiliki wawasan tentang pembelajaran konvensional dan non-konvensional

    • Memahami posisi internet dalam dunia pendidikan

    • Melakukan pengumpulan, pengolahan, pertukaran, atau pemanfaatan informasi dalam konteks pendidikan



  • Mata kuliah Filsafat Ilmu Islami di maksudkan untuk memberikan bekal yang relatif memadai bagi mahasiswa, tentang struktur bangunan ilmu pengetahuan. Dari sini akan diketahui bahwa pada dasarnya ilmu pengetahuan tidak bebas nilai, akan tetapi terikat nilai. Ilmuwan mengembangkan ilmunya berdasarkan asumsi-asumsi yang berasal dari pandangan hidup (worldview) masing-masing. Ilmuwan Barat mengembangkan ilmunya berdasarkan asumsi-asumsi dalam pandangan hidup Barat, ilmuwan muslim mestinya mengembangkan ilmunya dengan asumsi-asumsi yang berasal dari pandangan hidup Islam.

    Mata kuliah ini juga merupakan mata kuliah yang mempunyai peran sangat strategis membangkitkan kesadaran betapa ilmu-ilmu pengetahuan kontemporer yang dipelajari di universitas-universitas Islam sejatinya banyak yang tidak Islami dan perlu melakukan langkah-langkah islamisasi ilmu pengetahuan.


  • Cyber Learning, satu istilah yang digunakan UNISSULA untuk satu nama layanan aplikasi yang digunakan untuk Proses Belajar mengajar terkait dengan e-learning.. layanan aplikasi berbasis moodle ini sudah bisa dinikmati dosen dan mahasiswa UNISSULA dari web site UNISSULA di www.unissula.ac.id di link cyber learning, pengguna bisa login dengan NIK bagi Dosen dan NIM bagi Mahasiswa, ada beberapa hal yang bisa menjadi alasan mengapa UNISSULA menggunakan Cyber Learning, antara lain :